Jumat, 11 Oktober 2013

Program CSR ( Company Social Responsibility) pada PT GARUDA INDONESIA






Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan Indonesia yang berkonsep sebagai full service airline (maskapai dengan pelayanan penuh). Saat ini Garuda Indonesia mengoperasikan 82 armada untuk melayani 33 rute domestik dan 18 rute internasional termasuk Asia (Regional Asia Tenggara, Timur Tengah, China, Jepang dan Korea Selatan), Australia serta Eropa (Belanda).
Saat ini Garuda Indonesia memiliki tiga hub di Indonesia. Pertama adalah hub bisnis yang berada di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Kedua adalah hub di daerah pariwisata yang berada di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Kemudian untuk meningkatkan frekuensi penerbangan ke bagian timur Indonesia, Garuda Indonesia juga memiliki hub di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.
 Manajemen PT Garuda Indonesia juga mempunyai program CSR, yaitu memfokuskan program tanggung jawab sosial atau CSR di berbagai daerah di Indonesia.  Dalam merealisasikan program CSR itu, Garuda Indonesia menggandeng perusahaan penyedia terkemuka mesin jet, komponen dan sistem terpadu untuk penerbangan komersial, militer dan bisnis yakni GE Aviation.
Emirsyah mengatakan bahwa kemana kita terbang selalu ada upaya program CSR yang dananya bersumber dari sekitar lima persen keuntungan perusahaan. Selain CSR juga program bina lingkungan seperti kesehatan, pendidikan, dan penanaman pohon atau penghijauan.


      KESEHATAN

  •         Garuda Indonesia melaksanakan program CSR di Manokwari berupa pengobatan gratis dan seminar kesehatan di Manokwari, Papua Barat pada 6-8 November 2012.Untuk program peduli kesehatan ini, Garuda Sentra Medika dan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia mengirimkan 12 tenaga serta menyalurkan 1,3 ton obat-obatan. 
  •   Di tahun 2012 pula PT Garuda Indonesia melaksanakan program CSR dan fokus pada kesehatan, seperti pembangunan dan perbaikan fasilitas MCK di beberapa kota di Indonesia. 

       LINGKUNGAN

PT Garuda Indonesia Tbk Cabang Kota Padang menyerahkan bantuan pohon sebanyak 8.000 bibit kepada Pemerintah Kabupaten Agam. Program ini bentuk kepedulian PT Garuda Indonesia Tbk terhadap lingkungan, sehingga daerah tersebut terhindar dari bencana alam seperti longsor dan banjir. 

3      PENDIDIKAN
  •           Garuda Indonesia melaksanakan program CSR berupa penyaluran buku daur ulang. Selain itu garuda Indonesia juga menyalurkan 100.000 buku daur ulang ke SD Negeri 28 Maripi, Ds Distrik dan Pondok Pesantren Hidayatullah di Manokwari Selatan.     
  •      Dimulainya pembangunan (groundbreaking) gedung sekolah usia dini, di Desa Taman Sari, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tahun 2012. Gedung sekolah yang mulai dibangun itu merupakan bangunan pengganti gedung Taman Kanak-Kanak Islam Zilatul Quran. Bangunan baru itu direncanakan lebih representatif dengan dukungan anggaran sebesar Rp. 200 juta. Selain membangun gedung baru untuk sekolah usia dini itu, juga dilakukan perbaikan fasilitas TK Islam Zilatul Quran itu, agar dapat dipergunakan hingga pembangunan gedung baru dirampungkan.  

4      SOSIAL

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) selama dua hari pada tanggal (7/7/2013) dan pada tanggal (8/7/2013) menggelar kegiatan "Berbagi Sembako" sebagai bentuk kepedulian atas melonjaknya harga sembilan bahan pokok (sembako) akibat naiknya harga bahan bakar minyak (BBM). 

Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar